Kamis, 05 Maret 2015

“Bisnis Online Shop”


ABTSRAK
Penulisan karya ilmiah ini untuk memenuhi tugas mata kuliah lingkungan bisnis yang ada di www.amikom.ac.id dan untuk memanfaatkan usaha yang ada disekitar kita untuk dijadikan bisnis  sehingga dapat menghasilkan uang.
Bisnis online shop saat ini dianggap sangat potensial sehingga semakin banyak online shop yang bermunculan dan menyebabkan persaingan yangsemakin tinggi oleh karena itu perlu dilakukan pengenalan akan keinginankonsumen yaitu dengan menganalisis faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi minat konsumen terhadap online shop. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor produk, harga, tempat dan promosi dalam menentukan minat konsumen
online shop. 

Populasi yang diambil adalah para konsumen Online Shop. Sampel yang diambil sebanyak 50 konsumen. Variabel dalam penelitian ini adalah faktor-faktor minatkonsumen online shop yang terdiri dari variabel produk, harga, tempat danpromosi. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner.Analisis data yang digunakan adalah analisis faktor.Dari hasil analisis menunjukkan bahwa konsumen berminat terhadap online shop karena produk yang ditawarkan selalu mengikuti trend dan tempat keberadaan online shop  pada jejaring Facebook yang mudah dijangkau oleh konsumen, sedangkan konsumen merasa tidak berminat karena faktorkesesuaian produk yang diawarkan online shop tidak sama dengan aktualnya. Maka disarankan kepada pihak online shop untuk menawarkan produk yang sesuai dengan produk aktualnya dan hendaknya online shop dapat mempertahankan ketepatan waktu dalam menawarkan produk baruyang sesuai dengan trend saat itu.Kata kunci : Faktor-faktor, minat, produk, harga, tempat dan promosi
LATAR BELAKANG
Tentunya internet dan online sudah bukan merupakan suatu istilah asing di jaman sekarang ini, bahkan untuk generasi tua sekarang.Hampir semua event-event dan promosi iklan dilakukan melalui media internet. Keberhasilan media internet dalam bidang promosi patut diacungi jempol. Segala hal mulai dari sekedar chatting, grup forum,berita dan gosip, bahkan transaksi jual beli bisa dilakukan melalui internet.
            Online Shopping merupakan salah satu kemudahan dalam gaya hidup masyarakat modern yang bisa dicapai melalui internet. Online Shopping menjadi salah satu bukti berkembangnya teknologi jaringan komunikasi khususnya internet di Indonesia sejak beberapa tahun terakhir
ini. Promosi yang gencar dari berbagai Online Shop yang menawarkan banyak sekali jenis barang untuk diperjualbelikan. Barang-barang tersebut berupa buku dan majalah, CD dan DVD, baju dan kosmetik, gadget, dan lainnya.Salah satu situs online shop yang paling dikenal berupa e-bay,Amazone, YesAsia, dan sebagainya. Di Indonesia sendiri, situs-situs onlineshop yang terkenal berupa forum Kaskus, Bhinneka, GlodokShop, Bursa Baju dan lainnya.

            Online shopping sangat memberikan kemudahan dalam berbelanja, mulai dari pilihan barang yang unik dan langka, jenis barang yang sangat banyak, hingga sampai jangkauan harga yang cukup luas.Selain itu, kemudahan yang paling utama adalah jarak tempuh dan waktu yang diperlukan.Melihat maraknya online shopping yang sekarang makin menjamurdi Indonesia, perlu diperhatikan juga bahwa tidak hanya kemudahan yang ditawarkan dari online shopping. Tentunya setiap hal mempunyai dua sisi yang saling berdampingan yang perlu diketahui sehingga tidak membawa dampak buruk pada pelaksanaannya di kemudian hari.

TUJUAN
1. Penulisan karya ilmiah ini dilakukan untuk memenuhi tujuan-tujuan yang diharapkan
2. Dapat bermanfaat bagi kita semua dalam menambah wawasan tentang bisnis dan usaha.
3. Secara terperinci tujuan dari penulisan karya ilmiah ini adalah :
1. Melengkapi tugas kampus
2. Memberikan contoh peluang usaha yang menjanjikan
PEMBAHASAN
A.    BISNIS ONLINE SHOP DALAM SWOT
·         Strenghts ( kekuatan ) : Pasar Luas, Buka 24 jam, Karyawan Sedikit,Tidak Perlu Stok,Berjalan Otomatis, Biaya Promosi Kecil, Dapat Dilakukan Oleh Siapapun, . Biaya Sangat Murah, Bisa dijalankan dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja, Skill yang diperlukansepenuhnya bisa dipelajaritidak masalah apapun latar belakang anda,Potensi penghasilan sangat besar,kita bisa dibayar dalam dollar, Membuka lapangan pekerjaan.
·          Weaknesses ( kelemahan ) : Ukuran/ Size yang tak sama ( for clothing),Keinginan Untuk Memegang & Mencoba produk (minim untuk dapat menggunakan panca indera), Resistensi Membeli Secara Online ( biasanya bagi orang awam yang belum pernah bertransaksi secara online), Pasar Seluruh Dunia Tapi Terbatas Pada Pengguna Internet (Muda), Sistem Pembayaran yang masih seidikit rumit.
·         Opportunities (peluang) : Bisnis online ini memiliki peluang yang sangat bagus.karena bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja dimana saja dan kapan saja.Apalagi bagi orang-orang yang tidak ingin banyak meniggalkan keluarganya hanya untuk bekerja diluar rumah.
·         Threats (ancaman) : Berbagai bisnis apapun pasti memiliki ancaman yang akan dihadapi kedepannya termasuk bisnis online ini.Ancaman berbisnis online antara lain datang dari orang-orang yang hanya iseng,jasa pengiriman,dalam soal pembayaran dan lain-lain
B.     TIPS MEMULAI BISNIS ONLINE SHOP
ü  Mulai Lewat Facebook
Bagi para pemula bisnis online, disarankan untuk memaksimalkan penggunaan sosial media Facebook. Kegunaannya, untuk meningkatkan brand awareness dan menggaet para pelanggan.
"(Bisnis) online memang gampang, tapi perlu strategi di balik itu juga. Misalnya ada yang baru memulai usaha di online, sebaiknya coba dulu di Facebook karena bagaimana pun Facebook itu penggemarnya masih banyak.
ü  Mencoba Sosial Media Lainnya
"Setelah Facebook mulai ke Blogspot mungkin, terus jangan lupa juga ada satu sosial media yang bisa kita manfaatin, yaitu Twitter. Untuk awalnya, create awareness di Twitter bisa menggunakan buzzer, orang yang twitter followernya banyak bisa kita kasih produk kita ke dia untuk dipromosikan.
ü  Jangan Spamming
Penggunaan sosial media harus dilakukan dengan bijaksana. Hindari melakukan spammingyang akhirnya membuat orang kesal. "Spamming itu kaya mention-mention orang yang nggak jelas, terus retweet-retweet dan minta follback. Dia randomly tanpa tahu itu target marketnya dia apa bukan, tapi dia main mention-mention segala macem. Di Facebook juga begitu, jangan nge-tag foto sama orang yang nggak dikenal atau bukan temen Facebook kamu karena itu menggangu banget. "
ü  Cara Bijaksana
Cara promosi harus yang bijaksana dan tidak mengganggu. "Cara wisenya, pilih dulu target audience-nya yang benar-benar cocok, terus giring ke Facebook saja dulu. Kalau dia udah loyal, baru digiring ke sosial media lainnya."
ü  Informasi Harus Lengkap
Saat membuat bisnis online, Anda harus menampilkan informasi mengenai produk sebanyak-banyaknya. Hal ini karena para pelanggan tidak bisa menyentuh atau mencoba produk tersebut. Contohnya, bisnis online yang menjual baju. Ada baiknya Anda menulis jenis bahan, ukuran panjang baju, lebar baju, serta detail agar pembeli tidak merasa tertipu ketika mendapatkan barangnya.
ü  Foto dengan Kualitas Bagus
Foto adalah kunci utama dalam bisnis online. Foto dengan kualitas buruk bisa membuat pembeli merasa tak nyaman, belum lagi dengan adanya perbedaan warna produk saat di foto dengan produk aslinya. Jangan sampai hanya karena foto yang tidak makslimal, Anda mendapat predikat penipu karena menjual barang yang tidak sesuai dengan keinginan pembeli.
ü  Usahakan untuk Menggunakan Model
Foto dengan menggunakan model terlihat lebih hidup, terutama bagi online shop yang menjual pakaian. Dengan menggunakan model, pembeli jadi bisa memperkirakan produk tersebut saat dipakai. Selain itu, model yang sesuai bisa membuat produk jualan tampak lebih eklklusif dan menarik.
KESIMPULAN
1.      Setiap bisnis yang kita lakukan pasti memiliki resiko.Tetapi resiko itu bisa siasati dengan berbisnis online.dengan bisnis online kita dapat membuat resiko kecil tetapi tetap bisa menghasilkan income yang banyak.
2.      Untuk newbie dengan modal kecil bisnis online ini bisa dijadikan untuk pembelajaran dalam berbisnis.Belajar bagaimana berkomunikasi dan melayani yang baik kepada konsumen.Tidak hanya uang yang didapat tetapi pengalaman yang berharga untuk memperbaiki bisnis kita di masa yang akan datang.
REFERENSI
·         http://www.scribd.com/doc/97057330/Abstrak-Online-Shopping#scrib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar